Tentang TSM

Visi dan Misi, Yayasan, Sejarah, Sambutan Ketua, Struktur Organisasi.

Yayasan Trisakti

"YAYASAN TRISAKTI” didirikan oleh Brigjen dr. Sjarif Thajeb sebagai Menteri PTIP dan K. Sindhunata, SH dari LPKB - Kompartemen Hubungan dengan Rakyat dengan Akte Notaris E. Pondaag Nomor 31 tertanggal 31 Januari 1966. Untuk pertama kalinya, Dewan Pengurus dan Badan Kerja Harian diangkat dengan keputusan Menteri PTIP. Susunan Pengurus Yayasan Trisakti yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 51 tahun 1966, sebagai Ketua Umum Drs. Ferry Sonneville.

Yayasan Trisakti mempunyai ciri-ciri khas, berbeda dengan yayasan-yayasan penyelenggara perguruan tinggi swasta yang lain. Yayasan Trisakti didirikan oleh Departemen PTIP bersama dengan LPKB Kompartemen Hubungan dengan Rakyat, dan Dewan Pengurus serta Badan Kerja hariannya untuk pertama kalinya diangkat dengan keputusan Menteri PTIP.

Karena adanya keterkaitan historis dengan pemerintah maka pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sejak tahun 1978 menempatkan wakilnya secara ex-officio duduk dalam kepengurusan Yayasan Trisakti. Wakil Pemerintah yang pertama kali ditunjuk untuk duduk dalam kepengurusan Yayasan adalah Prof. Soekisno Hadikoemoro, Direktur Perguruan Tinggi Swasta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang pertama.

Saat ini Ketua Pengurus Yayasan Trisakti dijabat oleh Mayor Jendral (Purn) Dr. Bimo Prakoso, M.P.A., M.Sc. untuk periode masa jabatan 2013-2018


Sejarah TSM

TSM pada awalnya adalah Akademi Akunting Trisakti yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di antara 6 PTS yang bernaung di bawah Yayasan Trisakti. Akademi ini didirikan dengan Keputusan Yayasan Trisakti No.59/184/1974 pada tanggal 30 November 1974 dan mulai menerima 179 mahasiswa pada tahun akademik 1975/1976.

Status TERDAFTAR diperoleh tiga tahun kemudian, pada 6 Juni 1977, berdasarkan Keputusan Menteri P&K No.0134/U/1977. Status tersebut dikukuhkan kembali dengan Keputusan Menteri P&K No.0268/O/1981 tanggal 23 September 1981. Pada saat itu jumlah mahasiswa 235 orang.

Akademi Akunting Trisakti berubah nama menjadi Akademi Akuntansi Trisakti, pada tanggal 27 Juli 1985 dengan Keputusan Menteri P&K No.331/0/1985. Tertanggal 13 Mei 1986, Akademi Akuntansi Trisakti mendapat status DIAKUI, Keputusan Menteri P&K No.0354/O/1986. Jumlah mahasiswa pada saat itu 712 orang, dengan 49 staf pengajar. Status DISAMAKAN diberikan pada tanggal 20 Maret 1990 dengan Keputusan Menteri P&K No.0159/O/1990. Saat itu, terdaftar 873 mahasiswa dengan 73 dosen.

Sejalan dengan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat, pada tanggal 10 Mei 1993 dengan Keputusan Menteri P&K No.66/D/O/1993, Akademi Akuntansi Trisakti diubah bentuknya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. Program studi yang diselenggarakan saat itu:

D-III Akuntansi, memperoleh penetapan kembali status DISAMAKAN dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud No.117/DIKTI/Kep/1998, S-1 Akuntansi, dengan status TERDAFTAR, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud No.388/DIKTI/Kep/1996, S-1 Manajemen, dengan status TERDAFTAR, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud No.388/DIKTI/Kep/1996.

Status TERAKREDITASI untuk Program S-1 Akuntansi dan S-1 Manjemen diperoleh pada tanggal 8 Juni 2000, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.008/BAN-PT/AK-IV/VI/2000.

Jurusan S1 Manajemen telah mendapatkan peringkat A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 008/BAN-IX/S1/VI/2005. Pada tahun 2016 jurusan manajemen berhasil mempertahankan akreditasi A kembali dengan nomor 0809/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 (berlaku sampai dengan 2021).

Jurusan S1 Akuntansi mendapatkan peringkat A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 014/BAN-PT/Ak-IX/S1/VIII/2005. Pada tahun 2016 jurusan akuntansi berhasil mempertahankan akreditasi A kembali dengan nomor 0921/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 (berlaku sampai dengan 2021).
 

Visi

  • Menjadi Perguruan Tinggi Kelas Dunia Di Bidang Akuntansi dan Manajemen pada tahun 2032

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat) secara profesional yang berkualitas internasional.

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan berkarakter.

  • Menjalin dan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.


Sambutan Ketua

ketua-tsm.jpg

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisakti atau Trisakti School of Management(TSM) merupakan perguruan tinggi yang terpandang. STIE Trisakti (TSM) telah meluluskan banyak mahasiswa yang berkarir di perusahaan-perusahaan terpandang di Indonesia juga tersebar ke perusahaan-perusahaan di mancanegara.  Kepercayaan para orang tua/wali kepada TSM, kami pertanggungjawabkan melalui pendidikan yang membentuk pemahaman keilmuan dan karakter.

Sesuai dengan visi dan misi STIE Trisakti, kami mempunyai komitmen untuk mempersiapkan lulusan yang sanggup menghadapi tantangan global. Untuk itu, kami berupaya mengembangkan lingkungan kampus yang dapat memberikan kualitas, kenyamanan, dan keamanan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di STIE Trisakti dengan menggunakan sistem, standar dan prosedur yang dikelola dengan keseriusan.


Struktur Organisasi Tahun 2018

PIMPINAN:

Ketua

:

Arya Pradipta, S.E., Ak., M.E., CA.

Wakil Ketua I

:

Irwanto Handojo, S.E., M.Si.

Wakil Ketua II

:

Stella, S.E., M.M.

Wakil Ketua III

:

Drs. Teguh Siswanto, M.Si.

Manajer Kampus Bekasi

:

Nurti Widayati, S.H., M.H.

UNIT PENGAWASAN INTERNAL

:

-

UNIT PENJAMINAN MUTU

:

Ir. R. Wasisto Ruswidiono, M.M.

UNSUR PELAKSANA AKADEMIK:

Jurusan Akuntansi:

Ketua Jurusan

:

Aan Marlinah, S.E., M.Ak.

Sekretaris Jurusan

:

Friska Firnanti, S.E., Ak., M.M., CA., M.Ak.

Jurusan Manajemen:

Ketua Jurusan

:

Dr. Nurwanti, S.E., M.M.

Sekretaris Jurusan

:

Setia Tjahyanti, S.E., M.M.

PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT:

Kepala Pusat Penelitian Dan 
Pengabdian Kepada Masyarakat

:

Yulius Kurnia Susanto, S.E., M.Si.

Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

:

Indra Arifin Djashan, S.E., M.Ak.

UNSUR PELAKSANA ADMINISTRATIF:

Kepala Bagian Administrasi
Akademik dan Kemahasiswaan

:

Samsuri, S.E.

Kepala Bagian Kemahasiswaan 
dan Alumni

:

Chairul Wahyudi, S.E.

Kepala Bagian Administrasi 
Keuangan

:

Ita Trisnawati, S.E., Ak., M.Ak., CA.

Kepala Sub Bagian Personalia

:

Nicken Destriana, S.E., M.Si.

Kepala Sub Bagian Umum

:

Komarudin, S.S.T.

Kepala Sub Bagian Pembelian 

:

Tohirin, S.E.

Kepala Unit Hubungan Masyarakat dan Kerjasama

:

Wibisono Soediono, S.E., M.B.A.

Kepala Unit Pemasaran

:

Satriyo Wibowo, S.E., M.M.

UNSUR PENUNJANG:

Kepala UPT Laboratorium

:

Novia Wijaya, S.E., M.Si.

Kepala UPT Teknologi Informasi

:

Dicky Supriatna, S.Kom., M.T.I.

Kepala UPT Perpustakaan

:

Sutrisno, S.E.

LEMBAGA PENGEMBANGAN:

Kepala Lembaga Pengembangan
Akuntansi dan Manajemen (LPAM)

:

Dr. Tita Deitiana, M.M.


Perubahan-Struktur-Organisasi-2018-februari-(1).jpg